Minum Kopi Bisa Mencegah Obesitas?


Obesitas atau kegemukan dapat terjadi pada seseorang jika tidak menjaga pola makan dan kurangnya aktivitas fisik. Obesitas dapat menyebabkan risiko kelebihan seseorang dari penyakit kronis. Untuk itu, obesitas harus dicegah atau diatasi segera.

Para peneliti mengklaim bahwa minum kopi dapat mencegah seseorang terkena obesitas. Para peneliti menemukan asam zat cholorgenic (CGA) atau asam cholorgenic dalam kopi yang dapat mengurangi resistensi insulin dan akumulasi lemak dalam hati tikus yang diberi lemak tinggi makan, toko.
Selama 15 minggu, para peneliti dari University of Georgia memberi tikus diet tinggi lemak dan mereka menyuntikkan CGA dua kali dalam satu minggu.
Para peneliti menemukan bahwa CGA tidak hanya efektif mencegah kenaikan berat badan seseorang, tetapi juga membantu menjaga kadar gula darah normal dan hati yang sehat.
Penulis utama dari fakultas farmasi, kata dokter Yongjie Ma, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan kardiovaskular.
"Studi kami memperluas penelitian ini untuk tidak hanya melihat senyawa yang bermanfaat yang ditemukan dalam kopi, tetapi juga dalam buah-buahan dan sayuran seperti apel, pir, tomat dan blueberry," kata Yongjie.
Obesitas kini menjadi perhatian di Amerika Serikat dan Inggris. Selama 20 tahun terakhir meningkat secara signifikan pada obesitas di negara ini.
Selain kenaikan berat badan dapat, obesitas dapat meningkatkan resistensi insulin dalam tubuh, dan akumulasi lemak di hati. Jika tidak segera diobati, obesitas dapat menyebabkan diabetes dan jantung fungsi hati yang buruk.
"CGA merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan. Banyak bukti menunjukkan bahwa penyakit terkait obesitas yang disebabkan oleh peradangan kronis," kata Yongjie yang bekerja di laboratorium Profesor Liu Dexi, departemen farmasi dan ilmu biomedis.
Namun para peneliti menegaskan bahwa CGA bukanlah obat untuk obesitas. Mempertahankan diet yang sehat dan olahraga teratur masih merupakan cara terbaik untuk mengurangi obesitas.
Tetapi para ilmuwan percaya CGA mungkin solusi tambahan bagi mereka yang menghadapi kelebihan berat badan. Penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk mengembangkan CGA formulasi untuk konsumsi manusia.
"Kami tidak menyarankan orang untuk mulai minum banyak kopi untuk melindungi diri dari gaya hidup yang tidak sehat," kata Yongjie.

Comments